Kekayaan Alam Di Indonesia

Rabu, 25 September 2013


Okeyy,kali ini gue bakal ngepost sesuatu yang berbuhungan dengan Negara kita, yaitu Indonesia. Dan lebih tepatnya gue bakalan ngebahas tentang kekayaan alam yang ada di Negara tercinta kita ini  #eakkkk.
Okey buat kalian yang belum tau betapa kayanya Indonesia, gue bakal kasih tau mulai dari sumber daya alamnya, pulau-pulaunya,keunikannya, makanannya, pokonya semuanya dehh.sekarang gue bakal ngepost dari SDAnya dulu deh. Okee langsung ajaaaaa.

  • Sumber Daya Alam
 Sumber Daya Alam atau biasa yang disingkat dengan SDA. Indonesia, merupakan Negara yang memiliki sumber daya alam hayati dan non-hayati terbesar di dunia. sumber daya alam berdasarkan sifatnya dapat digolongkan menjadi SDA yang dapat diperbaharui dan SDA yang tidak dapat diperbaharui. SDA yang dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang dapat terus ada selama penggunaannya tidak dieksploitasi berlebihan. contoh: Tumbuhan, hewan, mikroorganisme, sinar matahari, angin, dan air. Walaupun jumlahnya sangat banyak bahkan berlimpah tetaapi penggunannya harus tetap dibatasi dan dijaga untuk dapat terus berkelanjutan untuk hidup kita. SDA yang tidak dapat diperbaharui adalah SDA yang jumlahnya terbatas karena penggunaanya yang lebih cepat daripada proses pembentukannya dan apabila digunakan secara terus-menerus akan habis. Contoh:Minyak bumi, emas, besi dan macam-macam bahan tambang lainnya. Mengapa demikian? Karena pada umumnya Minyak bumi, emas, besi, dan macam-macam bahan tambang lainnya memerlukan waktu dan proses yang lama bahkan sangat lama untuk kembali terbentuk sehingga jumlahnya sangat terbatas., minyak bumi dan gas alam pada umumnya berasal dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang hidup jutaan tahun lalu, terutama dibentuk dan berasal dari lingkungan perairan.
Nahh, itu sebabnya Indonesia merupakan negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi kedua di dunia setelah Brazil. Apakah biodivertas itu? Biodivertas adalah keanekaragaman hayati yang sangat besar atau melimpah. Terjadinya biodiversitas karena perbedaan organisme secara genetik dan pengaruh lingkungan. Organisme dengan jenis yang sama bila diberi perlakuan yang berbeda akan menghasilkan sifat yang berbeda. Contohnya bunga hydrangea  kalau tumbuh di tanah yang asam akan bewarna kemerahan tapi apabila tumbuh di tanah yang basah akan bewarna biru. Manfaat biodiversitas itu salah satunyaa memberikan kekayaan hayati di dunia, keanekaragaman yang menimbulkan keindahaan.


Indonesia termasuk salah satu negara yang memounyai tanah yang subur dan mempunyai sumber daya alam yang sangat luar biasa. Indonesia memiliki 10% dari tanaman berbunga yang dikenal di dunia, 12% dari mamalia, 16% dari hewan reptil, 17% dari burung, 18% dari jenis terumbu karang, dan 25% dari hewan laut.Di bidang agrikulturnya, Indonesia juga terkenal atas kekayaan tanaman perkebunannya, diantaranya kelapa sawit,cengkeh,biji coklat karet dan bahkan kayu yang banyak diantaranya menempati urutan atas dari segi produk yang ada di dunia.
    *Sumber daya alam disekitar kita meliputi :
^ kekayaan alam, seperti Pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.
^ Bahan tambang, yaitu bahan yang terdapat dalam tanah seperti minyak bumi, batu bara, nikel, tembaga, besi, timah dll.
^ kekayaan alam yang ada dilaut seperti mutiara, ikan, udang, garam, rumput laut, dll
kekayaan alam yang ada dilaut seperti ikan, udang, mutiara, rumput laut, garam, dll
^ keindahan alam, seperti pasir putih, danau, lembah, gunung, air terjun, hutan, dll

     *Hasil Perkebunan dan Pertanian yang ada di Indonesia : 
^Hasil pertanian : padi (beras), kedelai, ubi kayu jagung, kacang tanah.
^Hasil perkebunan : the, cengkeh, tembakau, kopi, kelapa, kelapa sawit, coklat, pala, tebu dll.


~Ini adalah beberapa contoh sumber daya alam yang ada di Indonesia








0 komentar:

Posting Komentar